3 Kebiasaan ‘Buruk’ Pengguna WordPress

January 26, 2011 in

[Internet Sehat] Meningkatnya serangan hacker di situs-situs yang ramai peminat membuat para peselancar dunia maya harus lebih berhati-hati lagi dalam melakukan aktivitas online mereka. Kepopuleran Facebook dan Twitter misalnya, membuat kedua situs tersebut menjadi sasaran empuk penjahat kriminal, pun tak luput dengan platform blog seperti WordPress (WP) yang juga dipakai jutaan orang.

Meskipun WordPress memiliki platform CMS yang aman, namun ternyata ia juga bisa dibobol oleh hacker. Hal ini tentunya tak luput dari kebiasaan buruk penggunanya sendiri yang membuat aksi hacking ini berhasil. Lantas, apa sajakah kebiasaan-kebiasaan yang membahayakan itu? Ini dia selengkapnya.

1. Malas Mengupdate Versi Terbaru
Rentannya blog WP akan aksi hacking salah satunya karena sang pemilik  blog malas mengupdatenya dengan versi terbaru yang ditawarkan. Kekhawatiran bahwa aksi updateakan merusak theme (tema) serta sejumlah plugin adalah hal yang harus segera dihilangkan. Jika pengguna WP merasa malas untuk hanya mengklik tombol ‘easy update‘ maka ia harus mempertimbangkan untuk mengontak penyedia hosting mereka guna memastikan blog mereka selalu ter-update dengan versi terbaru sehingga lebih aman.

2. Memakai Password yang Simpel
Aturannya sama dengan situs-situs lain yang membutuhkan password. Jangan pernah memilih password yang mudah untuk ditebak. Pilih password yang kompleks dengan kombinasi huruf, angka dan simbol agar pelaku kriminal tidak bisa menebak-nebak password Anda. Langkah lain yang bisa Anda gunakan untuk melindungi blog Anda adalah dengan menginstal plugin bernama Login Lockdown di mana ia bisa memblokir IP saat ada pihak lain yang mencoba menerobos masuk situs Anda selama beberapa kali.

3. Asal Pilih Hosting
Banyak pengguna WordPress yang tidak terlalu peduli dengan hostingan blog mereka. Terkadang mereka memilih untuk memakai hosting yang murah tanpa melihat latar belakang keamanan perusahaan tersebut. Membuat blog selalu update serta memilih password yang kompleks belum cukup sebelum blogger membuat situs mereka aman dengan hostingan yang terpercaya. [Internet Sehat]

Sumber: bloggingpro

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...